HUT ke-61 Seskoau, KSAU Berpesan Terus Tingkatkan Mutu Pendidikan

 

Foto : Seskoau menggelar peringatan HUT ke-61 tahun 2024. Kegiatan diisi dengan upacara yang dipimpin oleh Komandan Seskoau Marsda TNI Eding Sungkana. S.A.B., M.Tr.(Han)., selaku Inspektur Upacara, bertempat di lapangan Widya Ambara Seskoau, Lembang, Bandung Barat. 



Bandung Barat  ||  Sekolah Staf dan Komando Angkatan Udara (Seskoau) menggelar peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-61 tahun 2024, dimana kegiatan diisi dengan upacara, yang dipimpin oleh Komandan Seskoau Marsda TNI Eding Sungkana. S.A.B., M.Tr.(Han)., selaku Inspektur Upacara, bertempat di lapangan Widya Ambara Seskoau, Lembang, Bandung Barat, Kamis (1/8/2024). 

Upacara ini dihadiri oleh para Pejabat, Dosen dan Patun Seskoau serta para Perwira, Bintara, Tamtama, dan Pegawai Negeri Sipil Seskoau dan para Pasis Seskoau, Angkatan 61 TP 2024. 

Dalam amanatnya Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Mohamad Tonny Harjono, S.E., M.M., yang dibacakan Danseskoau Marsda TNI Eding Sungkana menyebutkan, dinamika lingkungan strategis global senantiasa melahirkan tantangan baru yang semakin kompleks terhadap peperangan modern. 

Sehingga membawa pengaruh signifikan terhadap Angkatan Udara dalam menjaga kedaulatan udara nasional. Meningkatnya intensitas great power competition atau persaingan negara dengan kekuatan militer yang modern, memberikan pengaruh yang cukup signifikan terhadap geopolitik dan geoekonomi di berbagai belahan dunia. 

Tidak hanya itu, perkembangan teknologi militer, juga memberikan unprecedented challenge atau tantangan baru yang belum pernah terjadi sebelumnya. Sebagai contoh, dalam hal pemanfaatan quantum technology di bidang pertahanan, seperti quantum computing, quantum sensing, dan quantum communication, akan memberikan keunggulan strategis bagi negara yang mampu mengeksploitasi teknologi tersebut. 

"Berbagai hal tersebut menimbulkan konsekuensi dan ancaman dampak disruptif, yang menuntut Angkatan Udara tidak hanya memperbarui taktik dan strategi militer. Tapi harus menguasai teknologi terkini agar relevan dengan perkembangan peperangan modern. Kondisi inilah yang sejatinya juga menjadi tantangan bagi Seskoau," ungkap Kasau dalam amanatnya. 

Lebih lanjut juga disampaikan bahwa sebagai lembaga pendidikan pengembangan umum tertinggi di TNI Angkatan Udara dengan semboyan Center of Excellence on Air and Space Science, Seskoau memiliki peran yang besar dalam mewujudkan TNI Angkatan Udara AMPUH. Yaitu Angkatan Udara yang Adaptif, Modern, Profesional, Unggul, dan Humanis. 

“oleh karena itu Seskoau harus turut berperan serta dalam mengkaji perkembangan lingkungan strategis. Khususnya yang terkait dengan kedirgantaraan dan antariksa, untuk kemudian dapat di-implementasi-kan dalam penyempurnaan perangkat lunak maupun doktrin tingkat TNI Angkatan Udara,” tegasnya. 

Kasau juga berharap agar Seskoau harus senantiasa meningkatkan mutu pendidikan, mulai dari penyesuaian kurikulum hingga peningkatan kualitas tenaga pendidik. Sehingga dapat menjamin relevansi antara sistem pendidikan dengan kompleksitas tantangan perang modern. 

"Saya optimistis Seskoau akan terus tumbuh semakin professional dan unggul, menjadi TNI Angkatan Udara yang ampuh dalam menjaga kedaulatan negara di udara. Terima kasih kepada Komandan Seskoau, para dosen, para patun, para staf, dan seluruh sivitas akademika Seskoau, atas dedikasi dan integritas yang telah diberikan, hingga Seskoau dapat terus berkarya hingga sekarang," harapnya. 


[k7 nell


Share on Google Plus

About GROUP MEDIA KOMPAS7

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 اÙ„تعÙ„يقات:

Posting Komentar